Selasa, 16 September 2014

Standarisasi Sinyal Audio

STANDARISASI SINYAL AUDIO

Pada blog ini akan dibahas mengenai standarisasi sinyal audio pada : Amiga Video, 13W3, Macintosh Quadra dan Video pada SCART.

1. AMIGA VIDEO

Konektor video Amiga merupakan jenis konektor yang digunakan pada semua komputer bertipe Commodore Amiga. Terdapat 23-pin konektor D-miniatur yang memiliki sinyal untuk genlocking , RGB analog Video (4096 warna), dan sinyal digital Red-Green-Blue-Intensitas (16 warna).
AMIGA Connector
Frekuensi yang dipakai yaitu 15 atau 75 kHz Hsync untuk mode video Amiga standar. Hal ini tidak kompatibel dengan kebanyakan VGA monitor. Sebuah monitor multi sinkronisasi dibutuhkan untuk beberapa resolusi yang lebih tinggi. The Commodore A520 RF modulator terhubung ke port video dan output video komposit dan video RF.

2. 13W3

13W3 adalah salah satu tipe konektor D-subminiatur yang umumnya digunakan sebagai konektor antarmuka video analog yang digunakan khususnya pada Sun Microsystems, Silicon Graphics dan IBM RISC workstations, serta beberapa display dari Apple Computer, NeXT Computer dan Intergraph Corporation. Konektor 13W3 tidak lagi digunakan dengan tampilan modern, yang umumnya telah pindah ke DVI atau HDMI. Konektor DB13W3 (tapi dengan pin arus tinggi, bukan yang frekuensi tinggi yang digunakan untuk aplikasi video) juga digunakan oleh beberapa sakelar 3Com SuperStack Ethernet untuk membawa daya DC.
13W3 Connector

Konektor ini terdiri dari 10 pin sinyal standar dan 3 posisi yang lebih besar yang dapat dipasang dengan pin khusus dengan dua kontak konsentris untuk kabel coaxial atau dengan pin khusus arus tingg. Ketika digunakan untuk sinyal video di komputer, pin tersebut adalah female pin tapi konektor coaxial yang posisinya lebih besar adalah male pin. Konektor coaxial membawa sinyal video yang dibagi ke dalam warna merah, hijau / abu-abu, dan biru; pin sinyal standar membawa empat ground, tiga pin tersebut digunakan untuk berkomunikasi dengan monitor, sinkronisasi vertikal, sinkronisasi horizontal, dan sinyal sinkronisasi komposit.

Adapter yang tersedia dari sumber-sumber komersial untuk membuat monitor 13W3 bekerja dengan VGA card (HD15) grafis dan membuat monitor VGA bekerja dengan 13W3 workstation. Jika Anda berjalan sejauh ini, Anda tahu peringatan yang jelas adalah adaptor Anda harus cocok aplikasi 13W3 tertentu.

3. MACHINTOSH QUADRA

Seri Macintosh Quadra adalah keluarga dari produk Apple Computer high-end Apple Macintosh komputer pribadi profesional yang dibangun dengan menggunakan central processing unit (CPU) Motorola 68040. Dua yang pertama model dengan garis Quadra diperkenalkan pada tahun 1991, dan namanya digunakan sampai Power Mac diperkenalkan pada tahun 1994. Manajer produk untuk keluarga Quadraa adalah Frank Casanova yang juga merupakan Product Manager untuk MacintoshIIfx. Model pertama yang dikeluarkan adalah Quadra 700 dan Quadra 900, keduanya diperkenalkan pada tahun 1991, Quadra menggantikan seri Macintosh II sebagai komputer high end di lini produk Macintosh.
Machintosh Quadra
Adapan komputer pertama yang menjadi bagian dari seri Machintosh Quadra adalah Quadra 700 dan Quadra 900, keduanya diperkenalkan pada tahun 1991 dengan central processing unit (CPU) berkecepatan 25 MHz . Seri Quadra 700 adalah model compact yang menggunakan dimensi kasus yang sama dengan Macintosh IIci , dengan Processor Direct Slot (PDS) slot ekspansi, sedangkan yang kedua baru dirancang dengan lima NuBus slot ekspansi dan satu slot PDS. Quadra 900 diganti pada tahun 1992 dengan Quadra 950 , dengan kecepatan CPU 33 MHz. Jalur ini bergabung dengan sejumlah "800-series" mesin dalam baru desain Minitower, dimulai dengan Quadra 800 , dan "600-series" desktop dengan Quadra 610 .
Quadra 610 Series

Pada tahun 1993 seri AV Quadra dirilis, yang terdiri dari 800-series Quadra 840AV dan 600-series Quadra 660AV , masing-masing pada frekuensi 40 MHz dan 25 MHz. Keduanya termasuk dalam AT & T prosesor Digital sinyal dan S-Video dan composite video yang input dan output port untuk video, serta CD. Kualitas mikrofon dan output audio port. Model AV juga memperkenalkan PlainTalk , yang terdiri dari perangkat lunak text-to-speech MacinTalk Pro dan kontrol pidato (meskipun tidak dikte). Namun semua fitur tersebut kurang didukung dalam perangkat lunak, dan DSP tidak dipasang di kemudian AV Mac, yang didasarkan pada PowerPC 601 CPU yang lebih kuat, yang cukup kuat untuk menangani tugas-tugas coprocessor itu sendiri.

4. SCART

Sebuah konektor SCART adalah interkoneksi fisik dan elektrik antara dua buah peralatan audio visual, seperti televisi dan perekam kaset video (VCR). Setiap perangkat memiliki 21-pin konektor antarmuka female pin. Sebuah kabel dengan male plug pada setiap akhir digunakan untuk menghubungkan perangkat. (Pin 21 sebenarnya bukan pin tapi kontak dengan ground.) Suara stereo, video komposit, dan sinyal kontrol disediakan dengan dua arah. Sinyal video RGB adalah input saja. Antarmuka adalah suatu standar industri berasal oleh perusahaan Perancis, Peritel. Saat ini, sebagian besar set baru televisi dan VCR di pasar Eropa dan negara-negara lain yang menggunakan standar video PAL yang dilengkapi dengan konektor SCART. SCART singkatan Syndicat francais des Constructeurs d'Appareils Radio et Television. Konektor ini juga dikenal sebagai Euro-konektor.
SCART Connector


Source : Wikipedia

0 komentar:

Posting Komentar